Sebuah blog seputar berita terbaru, bisnis online, download software, film, dll

Hari ini, Festival Pulau Seribu Digelar

Untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu Provinsi DKI Jakarta ke-11 yang jatuh pada 9 November, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu menggelar Festival Pulau Seribu hari ini, Sabtu (10/11). Festival diadakan dengan mengadakan kegiatan serba 1000 dari pagi hari hingga malam hari.

Festival Pulau Seribu dihadiri Deputi Gubernur DKI Bidang Pariwisata Sukesti Martono. Juga dihadiri oleh perwakilan duta besar negara sahabat yakni Amerika Serikat, Australia, Swedia, Pakistan, Thailand, Malaysia, Zimbabwe, Srilanka, India, dan Jepang.


Bupati Kepulauan Seribu Achmad Ludfi mengatakan Kabupaten Kepulauan Seribu merupakan wilayah termuda di Provinsi DKI Jakarta. Kabupaten ini berdiri pada tanggal 9 November 1991.

"Artinya sudah 11 tahun usia dari Pulau Seribu. Sudah 11 tahun Pulau Seribu berupaya mengembangkan dirinya. Memang masih banyak kekurangan, tetapi juga sudah terlihat kemajuan perkembangan di Pulau Seribu sebagai daerah wisata bahari," kata Achmad Ludfi saat membuka Festival Pulau Seribu di Pulau Pramuka, Kebupaten Kepulauan Seribu, Sabtu (10/11).

Paling tidak, lanjutnya, kawasan Pulau Seribu sudah berkembang menjadi tempat wisata bagi wisatawan. Lapangan kerja meningkat dan roda perekonomian mulai bergerak karena warga banyak yang menjadi pemandu wisata dan menyediakan rumahnya sebagai homestay bagi wisatawan yang datang ke Pulau Seribu.

Ke depan, Pemkab Kepulauan Seribu akan terus berbenah diri sehingga dapat menarik minat wisatawan domestik dan mancanegara.



"Bersyukur dengan usia 11 tahun ini. Yang pasti ada peningkatan perekonomian di pulau ini. Tapi yang penting kita tidak boleh berhenti membangun Pulau Seribu menjadi salah satu tujuan destinasi nasional," ujarnya.



Untuk menandai nama Kepulauan Seribu, festival ini dimeriahkan kegiatan serba seribu yaitu 1000 peserta upacara, 1000 bola hadiah yang dilemparkan dari pesawat ke pantai dan 1000 makan siang gratis.

Tidak hanya itu ada lomba hulahop yang diikuti 200 anak-anak, lomba memasak ikan, lomba tumpeng, serta acara unik lainnya seperti lomba membuat gado-gado yang dilakukan perwakilan duta besar negara sahabat.



"Yang paling menarik mungkin warga mengambil 1000 bola yang dilempar dari atas pesawat ke pantai. Hadiahnya macam-macam, mulai dari handphone, ipad, kulkas, televisi, dan sebagainya. Untuk ikut lomba ini, warga harus mendaftar dulu. Lalu ada lomba membuat gado-gado yang dilakukan orang asing," tutur Achmad Ludfi.



Yang paling menarik perhatian warga adalah perlombaan membuat gado-gado yang dilakukan warga asing. Peserta lomba dengan serius memotong-motong sayuran, ada yang mengulek kacang tanah beserta gula merah. Mereka berupaya mencari tahu bagaimana cara membuat gado-gado.

Salah satu peserta warga asal Yunani, Nikolas Avgoutinos mengaku sangat senang mengikuti perlombaan tersebut.

"Saya senang sekali ikut lomba ini. Saya jadi tahu makanan gado-gado adalah dari Indonesia, juga digemari di Jakarta. Saya cicipi rasanya enak sekali seperti salad," ujarnya sambil tersenyum.



Nikolas sendiri cukup puas dengan gado-gado hasil buatannya. Dengan bangga dia memamerkan gado-gado karyanya yang sudah ditempatkan dalam wadah buah nanas. "Nanti saya mau coba buat di rumah. Ternyata bahan-bahannya mudah ya," tuturnya sambil mencicipi gado-gadonya.

Mengenai wisata di Pulau Seribu, Nikolas sangat senang sekali berkesempatan hadir dalam Festival Pulau Seribu 2012. Melihat warga Pulau Seribu yang ramah dan pantai yang cukup indah, membuatnya akan mempromosikan wisata Pulau Seribu kepada para sahabatnya di Yunani.

"Saya melihat semuanya terorganisasi dengan baik. Warganya sangat ramah. I am very excited, everything is ok and I will tell this place to all my bestfriends," ungkapnya.

-beritasatu.com
0 Komentar untuk "Hari ini, Festival Pulau Seribu Digelar"

Back To Top