Sebuah blog seputar berita terbaru, bisnis online, download software, film, dll

Blok bertuliskan Tjipetir, untuk Apa?


Sebuah fenomena dari balok karet bertuliskan "Tjipetir" sedang hangat-hangatnya dibicarakan beberapa waktu ini. banyak orang berspekulasi tentang blok Tjipetir ini sebenarnya benda apa? Dibuat untuk apa? Dan siapa yang membuatnya? Atau darimana asalnya?
Wanita-Asing-Membawa-Blok-Tjipetir
Wanita Asing Membawa Blok Tjipetir (bbc.co.uk, 2014)
Jawaban untuk darimana akhirnya terungkap, Tjipetir berasal dari Sukabumi, Indonesia, namun, yang masih diperbincangkan dan menjadi spekulasi adalah untuk apa benda itu. Dari beberapa web yang ane baca beberapa mengungkapkan bahwa benda itu digunakan sebagai insulasi kabel telegraf yang melintang dilaut pada abad 19 dan pertengahan abad 20, menurut Tracey Williams. ada juga yang berpendapat itu dibawa oleh titanic juga, kabar ini berasal dari surat kabar Prancis. Pendapat lain mengatakan bahwa blok Tjipetir berasal dari kapal Miyazaki Maru yang ditenggelamkan oleh kapal selam Jerman, U-88 yang dikomandani kapten Walther Schwieger, 31 Mei 1817 sehingga kapal Miyazaki Maru karam sebelah barat kepulauan Scily (bbc.co.uk, 2014)
Jawaban untuk pembuatnya juga sudah ditemukan, menurut Kepala Administratur PT Perkebunan Nusantara, Budhi Herdianana Tresnadi bahwa balok persegi bertuliskan Tjipetir berasal dari pabrik Gutta Percha Sukabumi, budhi juga mengatakan bahwa blok itu ada dilaut karena kapal pengangkut Gutta Percha karam tertembak pada masa perang dunia. adapun negara yang mengimpornya adalah Belanda, Inggris, Jerman, Amerika, Kanada, Jepang, Italia, dan Prancis (republika.co.id, 2014).
Pabrik Asal Tjipetir (detik.com, 2014)

Spekulasi ane ya gan, Tjipetir itu digunakan sebagai isolator benda-benda listrik atau bahkan untuk melindungi kapal dari petir, soalnya pada waktu itu belum ada radar atau penunjuk cuaca sehingga apabila kapal terkena petir bisa diatasi. Ini ane dapet dari kata "petir" dari Tjipetir. Ane berpikir kalau Tjipetir itu memang digunakan sebagai penangkal petir yang mungkin maksutnya listrik dari kabel insulasi telegraf. Mungkin juga itu digunakan untuk antisipasi kapal karam atau tertembak, karena bentuknya kecil sehingga kapal yang menembak tidak curiga bahwa orang-orang dalam kapal yang masih selamat mengapung menggunakan blok Tjipetir karena mereka menganggap bahwa yang mengapung itu mayit. Tapi ini juga masih meragukan jika massa jenis blok karet Tjipetir menyebabkannya tidak tenggelam jika ditambah manusia di atasnya. Itu hanya spekulasi ane, kalau ada pendapat atau spekulasi lain bisa kasih saran di komen ya agan-agan netter. Atau kalau ada yang salah mungkin bisa diluruskan. Terima kasih.
0 Komentar untuk "Blok bertuliskan Tjipetir, untuk Apa?"

Back To Top